Jumat, 15 November 2013

Daur Ulang Botol Plastik Bekas Menjadi Boneka Kodok

Membuat boneka kodok dari botol plastik bekas ini dapat digunakan untuk menyimpan barang seperti pernak-pernik, koin, kelereng, bolpoin, dan lain-lain. Seperti inilah langkah-langkah membuatnya.
A. Bahan-bahan:
-Selotip
-2 buah botol plastik bekas minuman yang sama bentuknya
-Pisau cutter dan gunting
-Meteran kain
-Spidol marker
-Pushpin
-Handuk (opsional)
-Zpper tas 12-inch
-Jarum bordir dan benang
-Gabus penutup botol
-Kuas dan cat akrilik hijau
-Lem dan googly mata (ukuran 1/2-inch)
B. Proses pembuatan:
Untuk membuat boneka kodok dari botol plastik bekas, ukurlah dengan meteran kain lalu tandai dengan spidol marker sebagai penanda ukuran, lalu potonglah botol sekitar 2 1/2 inchi dari bagian bawah. Untuk membuat boneka kodok lebih tinggi, potonglah botol itu sekitar 3 1/2 inchi dari bagian bawah. Dengan cutter atau gunting, potong masing-masing botol disepanjang tepi garis yang telah ditulis dengan spidol.
-Menggunakan spidol tandai 1/2 inchi dari tepi botol yang telah digunting dengan garis putus-putus. Lubangi melalui tanda masing-masing dengan pushpin.
-Tutup risleting dan pasanglah disekitar satu  botol bekas yang telah dipotong, dengan menggunakan selotip untuk menahannya tetap di tempat. Siapkan jarum dengan benang lalu jahitlah risleting ke botol mulai dari dalam dan menarik benang keuar dari lubang-lubang. Setelah dijahit sekelilingnya, simpul benang kemudian potong benang yang berlebih. Buka risleting dan jahitlah botol kedua dengan cara yang sama.
-Untuk membuat mata, gunakan pisau untuk memotong gabus penutup botol menjadi setengah. Cat gabus dan tunggu hingga kering, kemudian lem pada mata googly. Setelah itu rekatkan ke botol yang telah dijahit.
-Untuk menutupi bekas jahitan, anda dapat memakai selotip yang berwarna dan rekatkan ke sekeliling botol lalu di cat.
Ini hanya sekedar tips memanfaatkan botol plastik bekas menjadi barang yang berguna. Thanks..








Tidak ada komentar:

Posting Komentar